SILABUS



SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 :  SMPN 2 MAUPONGGO
Kelas                                     :  VIII
Mata Pelajaran                  :  IPA
Semester                               :  2 (DUA)
Standar Kompetensi          :  5. Memahami peranan usaha, gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1      Mengidentifikasi jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya

Gaya
·   Memetakan gaya-gaya yang ada pada suatu benda
·   Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
·   Menghitung resultan gaya segaris yang searah
·   Menghitung resultan gaya segaris yang berlawanan arah
·   Melakukan percobaan gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin
·   Merumuskan adanya gaya gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari
Mencari perbedaan berat dan masa menggunakan alat
·         Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang searah maupun berlawanan.
·         Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
·         Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan gaya gesekan yang merugikan
·         Membandingkan berat dan massa suatu benda
Tes tulis



Tes unjuk kerja




Tes tulis





Tes tulis
Tes uraian



Uji petik kerja produk




Tes isian





Tes uraian
Bila A memiliki gaya 10 N dan B 20 N  yang arahnya sama, Hitung resultan gayanya ?

Lakukan percobaan tentang gaya gesek pada permukaan licin dan permukaan kasar lalu bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.

Sebutkan contoh gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah perbedaan berat dan massa suatu benda?


4 x 40’
Buku siswa, neraca lengan dan neraca pegas, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
5.2      Menerapkan hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari

 Hukum Newton
·         Melakukan percobaan hukum I, II, III Newton dengan menggunakan alat-alat.

·         Mengaplikasikan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari
·         Mendemonstrasikan hukum I Newton  secara sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mendemonstrasikan hukum II  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mendemonstrasikan hukum III  Newton  dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

Tes unjuk kerja


Tes unjuk kerja


Tes tulis
Uji petik kerja prosedur


Uji petik kerja prosedur


Tes uraian
Lakukan percobaan tentang Hukum I Newton

Lakukan percobaan tentang hukum II Newton.

Berikan contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
4x40’
Buku siswa, LKS, buku referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
5.3      Menjelaskan hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari


·         Studi pustaka untuk mendeskripsikan pengertian energi dan bentuk-bentuk energi

·         Studi referensi untuk membadingkan pengertia energi kinetik dan energi pitensial

·         Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi

·         Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara daya, usaha dan kecepatan
·         Menunjukkan  bentuk-bentuk energi  dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari
·         Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda yang bergerak
·         Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan sehari-hari

·         Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha

·         Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari

Tes lisan



Tes tulis



Tes tulis



Tes tulis




Tes tulis


Tes tulis


Daftar pertanyaan


Tes uraian



Tes uraian



Tes uraian




Tes uraian


 Isian
Apakah yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk energi ?

Dalam rangkaian listrik tertutup dengan sebuah lampu terjadi perubahan energi ....

Jelaskan perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.

Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya  dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah perbedaan antara energi dan usaha ?

Daya merupakan kecepatan dalam melakukan ......

4x40 ‘
Buku siswa, buku referensi, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
5.4      Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·         Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (Tuas, Katrol, bidang miring)

·         Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubunan dengan pesawat sederhana



·         Menunjukkan  penggunaan beberapa pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak, bidang miring, dan roda gigi  (gear)

·         Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan dengan pesawat sederhana
Tes unjuk kerja








Tes tulis
Uji petik kerja prosedur dan produk







 Isian
Lakukan percobaan dengan menggunakan alat-alat untuk menemukan konsep pesawat sederhana






Untuk memudahkan melakukan pekerjaan digunakan ....

6x40’
Buku siswa, LKS, Alat-alat praktek
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
5.5      Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

·         Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan
·         Melakukan percobaan bejana berhubungan
·         Melakukan percobaan tentang hukum pascal, hukum Archimides
·         Mencari informasi melalui lingkungan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal dan Hukum Archimides
·         Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan
·         Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai gaya melalui percobaan

·         Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari

·         Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·         Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·         Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
Tes unjuk kerja



Tes tulis


Tes unjuk kerja



Tes tulis





Tes tulis
Uji petik kerja prosedur dan produk
Tes isian

Uji petik kerja prosedur


Tes Uraian




 Tes isian




 Tes uraian
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep tekanan !


Sebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan prinsip bejana berhubungan.
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep hukum Pascal dan Hukum archimides.

Kelompokkan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal ?

Mengapa tanggul di tepi sungai pada bagian bawah dibuat  agak lebih kuat dari pada bagian atas ?

8x 40’
Buku siswa, LKS, Alat-alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 :   SMP N 3 Ende
Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   2 (DUA)
Standar Kompetensi          :  6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik

Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran dan gelombang serta parameter-parameternya
Getaran dan gelombang
·   Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian getaran
·   Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
·   Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
·   Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
·   Menentukan besarnya periode dari hasil percobaan
·   Mencari informasi melalui referensi tentang pengertian gelombang
·   Melakukan percobaan untuk mencari perbedaan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal
·   Menggali informasi dari nara sumber untuk menemukan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekwensi dan panjang gelombang

·        Mengidentifikasi  getaran pada kehidupan sehari-hari

·         Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran 


·         Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang transversal

·         Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat gelombang, frekuensi dan panjang gelombang





Tes tulis



Tes tulis



Tes unjuk kerja



Tes tulis








Tes isian



Tes uraian



Tes identifikasi



Tes uraian












Diskripsikan pengertian getaran !


Hitunglah frekuensi suat getaran bila periodnya 25 sekon.

Disediakan data percobaan, carilah perbedaan ciri gelombang longitudinal dan gelombang transversal.

Bila panjang gelombang 60 meter dan cepat rambat gelombang 100m/s. Hitunglah frekuensi gelombang?





6 x 40’
Buku siswa, LKS, alat-alat praktikum
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.2 Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari

 Bunyi
·   Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan pengertian infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·   Mencari informasi tentang pengertian bunyi
·   Melakukan percobaan tentang resonansi.
·   Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari

·         Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik

·         Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·                     Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·                     Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·         Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam  dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
Tes tulis


Tes unjuk kerja






Tes tulis





 Tes uraian


Uji petik kerja prosedur






Tes uraian
Jelaskan perbedaan antara infrasonik, ultrasonik, audiosonik.
Lakukan percobaan tentang resonansi dan buatlah kesimpulannya.





Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang pemanfaatan pemantulan bunyi.
4x40’















Buku sumber, buku referensi, LKS, alat praktek
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik

Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
6.3 Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin dan lensa
 Cahaya
·   Melakukan pengamatan tentang jalannya sinar untuk menentukan sifat perambatan cahaya.
·   Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya
·   Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal sifatsifat bayangan pada cermin dan lensa











·         Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan  sifat-sifat perambatan  cahaya
·         Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
·       Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan
·       Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
·       Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung
Penugasan




Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis





Tes tulis
Tugas proyek




Tes uraian



Tes uraian


Tes uraian





Tes uraian
Rancanglah percobaan untuk menunjukkan sifat perambatan cahaya.


Bagaimanakah bunyi hukum pemantulan cahaya ?


Bagaimanakah bunyi hukum pembiasan cahaya?

Lukiskan pembentukan bayanagan pada cermin cekung bila benda terletak antara F dan R, dan sebutkan sifat bayangannya?

Lukiskan pembentukan bayanga pada lensa cembung bila benda terletak di 2 F, dan sebutkan sifat bayangannya?
6x40’
Buku siswa, buku referensi,
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
6.4  Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Alat-alat Optik
·         Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh penjelasan tentang fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata

·         Studi pustaka  untuk membedakan ciri-ciri kamera dan lup sebagai alat optik


·         Melalui diskusi kelompok dapat dijelaskan cara kerja alat-alat optik yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
·         Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
·                     Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca mata
·         Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·                     Menjelaskan konsep  lup sebagai alat optik
·         Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan sebagainya *)
Tes tulis

Tes tulis




Tes tulis



Tes tulis
Tes isian

Tes uraian




Tes uraian



Tes uraian
Apakah funsi mata ?...

Gambarkan pembentukan bayangan pada retina ?



Apakah perbedaan antara  mata dan kamera sebagai alat optik?


Jelaskan cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga terbentuk bayangan.
4x40’
Buku siswa, buku referensi, alat-alat spt; mikroskop, lop, kamera
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)




Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................


( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam


( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar