SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMPN 2 MAUPONGGO
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : IPA
Semester : 2 (DUA)
Standar Kompetensi : 5. Memahami peranan usaha,
gaya, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
5.1 Mengidentifikasi
jenis-jenis gaya, penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang
dikenai gaya
|
Gaya
|
· Memetakan gaya-gaya
yang ada pada suatu benda
· Menentukan jenis-jenis gaya yang bekerja pada suatu benda
· Menghitung resultan gaya segaris yang searah
· Menghitung resultan gaya segaris yang berlawanan arah
· Melakukan percobaan
gaya gesek pada permukaan yang kasar dan licin
· Merumuskan adanya gaya
gesek yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan sehari-hari
Mencari
perbedaan berat dan masa menggunakan alat
|
·
Melukiskan penjumlahan gaya dan selisih gaya-gaya segaris baik yang
searah maupun berlawanan.
·
Membedakan besar gaya gesekan pada berbagai permukaan yang berbeda
kekasarannya yaitu pada permukaan benda yang licin, agak kasar, dan kasar
·
Menunjukkan beberapa contoh adanya gaya gesekan yang menguntungkan dan
gaya gesekan yang merugikan
·
Membandingkan berat dan massa suatu benda
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes
tulis
Tes
tulis
|
Tes uraian
Uji
petik kerja produk
Tes
isian
Tes
uraian
|
Bila A memiliki gaya 10 N dan B 20 N
yang arahnya sama, Hitung resultan gayanya ?
Lakukan percobaan tentang gaya gesek pada permukaan licin dan permukaan
kasar lalu bandingkan hasil dari kedua percobaan tsb.
Sebutkan contoh gaya gesek yang menguntungkan dan yang merugikan dalam
kehidupan sehari-hari.
Apakah perbedaan berat dan massa suatu benda?
|
4 x 40’
|
Buku siswa, neraca lengan dan neraca pegas, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
5.2 Menerapkan
hukum Newton untuk menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari
|
Hukum Newton
|
·
Melakukan percobaan hukum I, II, III Newton dengan menggunakan alat-alat.
·
Mengaplikasikan hukum newton dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Mendemonstrasikan
hukum I Newton secara sederhana dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum II
Newton dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
·
Mendemonstrasikan hukum III
Newton dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur
Uji petik kerja prosedur
Tes uraian
|
Lakukan percobaan tentang Hukum I Newton
Lakukan percobaan tentang hukum II Newton.
Berikan contoh penerapan hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari
|
4x40’
|
Buku
siswa, LKS, buku referensi
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
5.3 Menjelaskan
hubungan bentuk energi dan perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
|
·
Studi pustaka untuk mendeskripsikan pengertian energi dan bentuk-bentuk
energi
·
Studi referensi untuk membadingkan pengertia energi kinetik dan energi
pitensial
·
Mencari informasi tentang hukum kekekalan energi
·
Melakukan percobaan untuk menemukan hubungan antara daya, usaha dan
kecepatan
|
·
Menunjukkan bentuk-bentuk
energi dan contohnya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya dalam kehidupan
sehari-hari
·
Membedakan konsep energi kinetik dan energi potensial pada suatu benda
yang bergerak
·
Mengenalkan hukum kekekalan energi melalui contoh dalam kehidupan
sehari-hari
·
Menjelaskan kaitan antara energi dan usaha
·
Menunjukkan penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes lisan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Daftar pertanyaan
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Isian
|
Apakah yang kamu ketahui tentang bentuk-bentuk energi ?
Dalam rangkaian listrik tertutup dengan sebuah lampu terjadi perubahan
energi ....
Jelaskan perbedaan antara energi kinetik dan energi potensial.
Jelaskan hukum kekekalan energi dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
Apakah perbedaan antara energi dan usaha ?
Daya merupakan kecepatan dalam melakukan ......
|
4x40 ‘
|
Buku
siswa, buku referensi, LKS
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
5.4 Melakukan
percobaan tentang pesawat sederhana dan penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
·
Melakukan percobaan tentang pesawat sederhana (Tuas, Katrol, bidang
miring)
·
Diskusi untuk memecahkan masalah yang berhubunan dengan pesawat sederhana
|
·
Menunjukkan penggunaan beberapa
pesawat sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari misalnya
tuas (pengungkit), katrol tunggal baik yang tetap maupun yang bergerak,
bidang miring, dan roda gigi (gear)
·
Menyelesaikan masalah secara kuantitatif sederhana yang berhubungan
dengan pesawat sederhana
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Isian
|
Lakukan percobaan dengan menggunakan alat-alat untuk menemukan konsep
pesawat sederhana
Untuk memudahkan melakukan pekerjaan digunakan ....
|
6x40’
|
Buku
siswa, LKS, Alat-alat praktek
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
5.5 Menyelidiki
tekanan pada benda padat, cair, dan gas serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
|
·
Melakukan percobaan tentang tekanan sampai menemukan konsep tekanan
·
Melakukan percobaan bejana berhubungan
·
Melakukan percobaan tentang hukum pascal, hukum Archimides
·
Mencari informasi melalui lingkungan alat-alat yang prinsip kerjanya
berdasarkan hukum Pascal dan Hukum Archimides
·
Studi lapangan untuk menemukan konsep tekanan
|
·
Menemukan hubungan antara gaya, tekanan, dan luas daerah yang dikenai
gaya melalui percobaan
·
Mengaplikasikan prinsip bejana berhubungan dalam kehidupan sehari-hari
·
Mendeskripsikan hukum Pascal dan Hukum Archimedes melalui percobaan
sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
·
Menunjukkan beberapa produk teknologi dalam kehidupan
sehari-hari sehubungan dengan konsep benda terapung, melayang dan tenggelam
·
Mengaplikasikan konsep tekanan benda padat, cair, dan gas pada peristiwa
alam yang relevan (dalam penyelesaian masalah sehari- hari)
|
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
Tes tulis
|
Uji petik kerja prosedur dan produk
Tes isian
Uji petik kerja prosedur
Tes Uraian
Tes isian
Tes uraian
|
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep tekanan !
Sebutkan contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan prinsip
bejana berhubungan.
Lakukan percobaan untuk menemukan konsep hukum Pascal dan Hukum
archimides.
Kelompokkan alat-alat yang prinsip kerjanya berdasarkan hukum Pascal ?
Mengapa tanggul di tepi sungai pada bagian bawah dibuat agak lebih kuat dari pada bagian atas ?
|
8x 40’
|
Buku
siswa, LKS, Alat-alat praktikum
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP N 3 Ende
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 2 (DUA)
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan optika dalam produk teknologi
sehari-hari
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.1 Mendeskripsi-kan konsep getaran
dan gelombang serta parameter-parameternya
|
Getaran dan
gelombang
|
· Mencari informasi
melalui referensi tentang pengertian getaran
· Melakukan percobaan
untuk mencari perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
· Menentukan besarnya periode dari hasil
percobaan
· Melakukan percobaan untuk mencari
perbedaan periode dan frekwensi suatu getaran
· Menentukan besarnya periode dari hasil
percobaan
· Mencari informasi
melalui referensi tentang pengertian gelombang
· Melakukan percobaan
untuk mencari perbedaan karakteristik gelombang longitudinal dan gelombang
transversal
· Menggali informasi dari
nara sumber untuk menemukan hubungan antara kecepatan rambat gelombang,
frekwensi dan panjang gelombang
|
·
Mengidentifikasi getaran pada
kehidupan sehari-hari
·
Mengukur perioda dan frekuensi suatu getaran
·
Membedakan karakteristik gelombang longitudinal dan
gelombang transversal
·
Mendeskripsikan hubungan antara kecepatan rambat
gelombang, frekuensi dan panjang gelombang
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
Tes identifikasi
Tes uraian
|
Diskripsikan pengertian getaran !
Hitunglah frekuensi suat getaran bila periodnya 25 sekon.
Disediakan data percobaan, carilah perbedaan ciri gelombang longitudinal
dan gelombang transversal.
Bila panjang gelombang 60 meter dan cepat rambat gelombang 100m/s.
Hitunglah frekuensi gelombang?
|
6 x 40’
|
Buku
siswa, LKS, alat-alat praktikum
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
6.2
Mendeskripsi-kan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
Bunyi
|
·
Mencari informasi dari nara sumber untuk membedakan pengertian infrasonik,
ultrasonik dan audiosonik
·
Mencari informasi tentang pengertian bunyi
·
Melakukan percobaan tentang resonansi.
·
Mengaplikasikan pemantulan bunyi dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Membedakan infrasonik, ultrasonik dan audiosonik
·
Memaparkan karakteristik gelombang bunyi
·
Menunjukkan gejala resonansi dalam kehidupan sehari-hari.
·
Merencanakan percobaan untuk mengukur laju bunyi *)
·
Memberikan contoh pemanfaatan dan dampak pemantulan bunyi dalam dalam kehidupan sehari-hari dan teknologi
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes uraian
Uji petik kerja prosedur
Tes uraian
|
Jelaskan perbedaan antara infrasonik, ultrasonik, audiosonik.
Lakukan percobaan tentang resonansi dan buatlah kesimpulannya.
Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang pemanfaatan
pemantulan bunyi.
|
4x40’
|
Buku
sumber, buku referensi, LKS, alat praktek
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
6.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan berbagai bentuk cermin
dan lensa
|
Cahaya
|
·
Melakukan pengamatan tentang jalannya sinar untuk menentukan sifat
perambatan cahaya.
·
Melakukan percobaan tentang pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya
·
Menggali informasi dari nara sumber untuk mengenal sifatsifat bayangan
pada cermin dan lensa
|
·
Merancang dan melakukan percobaan untuk menunjukikan sifat-sifat perambatan cahaya
·
Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan
· Menjelaskan hukum pembiasan
yang diperoleh berdasarkan percobaan
· Mendeskripsikan proses
pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan
cermin cembung.
·
Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa
cekung dan lensa cembung
|
Penugasan
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tugas proyek
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
Rancanglah percobaan untuk menunjukkan sifat perambatan cahaya.
Bagaimanakah bunyi hukum pemantulan cahaya ?
Bagaimanakah bunyi hukum pembiasan cahaya?
Lukiskan pembentukan bayanagan pada cermin cekung bila benda terletak
antara F dan R, dan sebutkan sifat bayangannya?
Lukiskan pembentukan bayanga pada lensa cembung bila benda terletak di 2
F, dan sebutkan sifat bayangannya?
|
6x40’
|
Buku
siswa, buku referensi,
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
6.4 Mendeskripsi-kan alat-alat optik dan
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Alat-alat
Optik
|
·
Menggali informasi dari nara sumber untuk memperoleh penjelasan tentang
fungsi mata sebagai alat optik dan tentang cacat mata
·
Studi pustaka untuk membedakan ciri-ciri
kamera dan lup sebagai alat optik
·
Melalui diskusi kelompok dapat dijelaskan cara kerja alat-alat optik yang
terdapat dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan fungsi mata sebagai alat optik
·
Menggambarkan pembentukan bayangan benda pada retina
·
Menjelaskan beberapa cacat mata dan penggunaan kaca
mata
·
Menyelidiki ciri-ciri kamera sebagai alat optik
·
Menjelaskan konsep
lup sebagai alat optik
·
Menjelaskan cara kerja beberapa produk teknologi yang
relevan, seperti : mikroskop, berbagai jenis teropong, periskop dan
sebagainya *)
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Tes uraian
Tes uraian
Tes uraian
|
Apakah funsi mata ?...
Gambarkan pembentukan bayangan pada retina ?
Apakah perbedaan antara mata dan
kamera sebagai alat optik?
Jelaskan cara kerja mikroskop dan gambarkan jalannya sinar hingga
terbentuk bayangan.
|
4x40’
|
Buku
siswa, buku referensi, alat-alat spt; mikroskop, lop, kamera
|
v Karakter siswa yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar